Jumat, 05 Februari 2010

SOAL PKS


BANK SOAL PERSIAPAN UJIAN


*. Untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak, salah satu diantaranya dunia industri. Dukungan ini dibutuhkan terutama dalam :
A. menetapkan standar keahlian, pengembangan kurikulum        dan
kebijakan pengelolaan pendidikan.
B. menetapkan standar keahlian, pengembangan kurikulum        dan
kebijakan penggunaan keuangan pendidikan.
C. menetapkan standar keahlian, penetapan pengajar      dan kebijakan pengelolaan pendidikan.
D. menetapkan besar biaya sekolah, pengembangan kurikulum   dan kebijakan pengelolaan pendidikan.
E. menetapkan standar keahlian, pengembangan kurikulum,penentuan kelulusan dan kebijakan pengelolaan pendidikan.
*. Modal utama industri Indonesia saat ini adalah:
A. keterampilan, produktivitas, etos kerja dan upah yang rendah.
B. keterampilan, produktivitas, teknologi tinggi dan upah yang rendah.
C. keterampilan, produktivitas, kinerja dan upah yang rendah.
D. Teknologi tinggi, produktivitas dan upah yang rendah.
E. keterampilan, produktivitas dan upah yang rendah.
*. Dibawah ini adalah perubahan yang diharapkan terjadi untuk dapat meningkatakan mutu pendidikan indonesia kecuali:
A. Sistem berbasis sekolah melalui alur yang bersifat kaku menjadi Sistem pendidikan dan pelatihan yang fleksibel dengan prinsip multi entry dan exit
B. Sistem berbasis sekolah dengan orientasi program studi menjadi Sistem pendidikan dan pelatihan yang mengacu pada profesi dan keterampilan kejuruan yang baku
C. Pendidikan dan pelatihan untuk sektor formal dan informal menjadi Pendidikan dan pelatihan yang berbasis sektor formal
D. Sistem pengelolaan yang terpusat menjadi Sistem pengelolaan yang didesentralissaikan
E. Sistem suplay driven          atas kebutuhan social masyarakat luas menjadi System demand driven yang dipandu kebutuhan pasar kerja.



*.  Kerjasama antara lingkungan pendidikan dengan dunia industri selain untuk penyaluran lulusan lembaga pendidikan dan kebutuhan industri akan kebutuhan tenaga terlatih juga dimaksudkan untuk:
A. memanfaatkan biaya kelebihan modal dikarenakan industri telah mengambil keuntungan dari penggunaan lingkungan sekitar.
B.  memanfaatkan biaya sosial dikarenakan industri telah mengambil keuntungan dari penggunaan lingkungan sekitar.
C.  memanfaatkan biaya Administrasi perusahaan dikarenakan industri telah mengambil keuntungan dari penggunaan lingkungan sekitar.
D.  memanfaatkan biaya Lingkungan hidup dikarenakan industri telah banyak mengakibatkan pencemaran lingkungan sekitar.
E.  memanfaatkan biaya pesangon dikarenakan banyak industri telah merumahkan para karyawan sehingga tercipta pengangguran.
*. Keuntungan yang diperoleh oleh pihak Iundustri danjasa apabila memberikan bantuan dalam menyusun daftar keterampilan yang paling dibutuhkan di tempat kerja (standar kompetensi) adalah:
A. Industri dan jasa memiliki akses yang lebih terhadap lembaga pendidikan.
B. Industri dan jasa mempunyai institusi penyedia tenaga kerja secara gratis
C. Industri dan jasa akan memiliki jaminan setiap yang diajarkan pada lingkungan pendidikan dan pelatihan sesuai benar dengan kebutuhan nyata.
D. Industri dan jasa mampu merealisasikan tuntutan pemerintah dalam rangka desentralisasi kebijakan pendidikan
E. Industri dan jasa akan mendapat dukungan dari masyarakat sekitar.
*.Kompetensi yang meliputi tampilan dalam beriman kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, berpikir rasional, memahami diri sendiri, percaya diri, bertanggungjawab untuk pembelajaran pribadi, memiliki etos kerja, dapat menghargai, dan menilai diri sendiri. Adalah kompetensi:
A. PersonalB. Intelektual
C. SosialD. Religi
D.Multi dimensional

*.Yang temasuk dalam kompetensi vokasional adalah:
A. Keterampilan Berbicara.
B. Keterampilan berfikir strategis.
C. Kemampuan berinteraksi dalam masyarakat global.
D. Keterampilan bermatapencaharian.
E. Keterampilan Vokabulari.

*.    Untuk dapat memenuhi kompetensi yang diharapkan, lembaga pendidikan harus memenuhi persyaratan-persyaratan di bawah kecuali:
A. Kurikulum, Administrasi dan Organisasi sekolah yang baik
B. Sarana dan prasarana yang lengkap
C. Tenaga yang memadai
D. Tempat yang hijau dan strategis
E. Peran serta masyarakat
*.    Komite industri yang bejkerjasama dengan para instruktur, guru kejuruan menyusun standar keterampilan yang terdiri atas berbagai tingkat keterampilan kerja. Standar keterampilan ini kemudian digunakan dasar dalam menetapkan :
A. pengembangan      kurikulum, sistem pendidikan nasional dan pengembangan bahan latihan.
B. Pengembangan kurikulum, sistem pengujian dan pengembangan bahan latihan.
C. pengembangan      UU Pendidikan, sistem pengujian dan pengembangan bahan latihan,
D. pengembangan Teknologi pendidikan dan sistem pengujian.
E. pengembangan Teknologi pendidikan dan pengembangan bahan latihan.
*     Jenis standar kompetensi yang berkaitan dengan kompetensi khusus terdiri atas:
A. Standar Internasional, standar Nasional, Standar regioinal, dan keterampilan umum.
B. Standar Internasional, standar Nasional, Standar regional, Standar lokal dan keterampilan umum.
C. Standar Internasional, standar Nasional, Standar regional, standar lokal, keterampilan khusus dan keterampilan umum.
D. Kompetensi keterampilan khusus dan keterampilan umum.
E. Kompetensi Standar Internasional, standar Nasional, Standar regional dan kompetensi standar lokal.
*.    Hal yang harus ditekankan oleh pihak industri apabila akses on the job training dan kemungkinan pengalaman kerja industri terbatas adalah:
A. keterampilan terapan dan keterampilan matematis
B. keterampilan bergaul dan keterampilan matematis
C. Keterampilan pokok dan keterampilan matematis
D. Keterampilanbergaul dan keterampilan dalam kepemimpinan
E. Keterampilan pokok dan keterampilan dalam kepemimpinan


*.    Di bawah ini adalah beberapa inti dari proses pendidikan yang berdasar humanisme kecuali :
A. Lebih menekankan pada proses belajar.
B. Determinasi diri, direfleksikan dalam     otonomi dalam belajar, mengarahkan diri dan evaluasi diri.
C. Teknik pengajaran yang menggunakan perumpamaan manusia sebagai makhluk tuhan.
D. Saling pengertian dibutuhkan sesama guru, peserta balajar dan pihak lain.
E. Relevansi materi belajar, termasuk kesiapan peserta belajar untuk belajar
*.    Orientasi pendidikan berdasarkan humanisme adalah : A.Tujuan pendidikan   B. UU Pendidikan
C. UUD 1945                      D. Siswa                
E. Guru
*.    Hal-hal yang harus berkembang pada diri siswa sesuai dengan pendidikan yang berdasarkan pada humanisme adalah:
A. Kemampuan bekerja, pertumbuhan, rasa aman, pengalaman dan kebermaknaan.
B. fisik, pertumbuhan, rasa aman, pengalaman dan kebermaknaan.
C. Kesiapan bekerja, pertumbuhan, rasa aman, pengalaman dan kebermaknaan.
D. fisik, kemampuan mengambil keputusan, pertumbuhan, rasa aman, pengalaman dan kebermaknaan.
E. fisik, pertumbuhan, rasa aman, kehidupanpengalaman dan kebermaknaan.
*.    Pendidikan kejuruan yang memungkinkan siswanya untuk dapat berpindah jurusan adalah pengertian dari pendidikan kejuaruan yang bersifat:
A. Multi jurusan                   B. Berbasis kompetensi
C. Enterpreneurship             D. Fleksibel
E. Tidak berpendirian
*     Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk merancang proses perkembangan pendidikan yang fleksibel adalah:
A. Kerjasama antar sekolah yang memiliki jurusan sejenis.
B. Menggunakan buku Laporan pendidikan yang universal.
C. Menggunakan ruang kelas secara bersama.
D. Pengakuan hasil belajar awal (PHBA).
E. Menambah jumlah jam pelajaran.

*.    Beberapa permasalahan yang terjadi di tingkat sekolah terutama dalam peningkatan kesejahteraan kaeryawan dapat disiasati dengan :
A. Sistem pengajaran terpadu
B. Menjual pelatihan-pelatihan pendek
C. Menyelenggarakan pendidikan yang fleksibel
D. Meneyelenggarakan pendidikan berbasis kompetensi
E. Menyelenggarakan pendidikan sistem ganda
*.    semangat yang harus dimiliki seseorang untuk dapat bekerja secara produktif, efektif dan efisien, maupun kembali belajar pada lingkungan pendidikan tertentu, adalah pengertian dari :
A. Etos Kerja                                B. Long life Education
C. Pendidikan seumur hidup           D. Jiwa wirausaha
E. Enterpreneurship
*.    Etos kerja yang merupakan panduan tingkah laku yang menjadi pedoman bagi tenaga kerja dan menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupannya berfungsi sebagai:
A. Pengukur tingkat loyalitas seorang pekerja
B. mengontrol tingkah laku dan mencegah hal yang bertentangan baik dengan kehendak undang-undang maupun status seseorang sebagai tenaga kerja.
C. Tolok ukur seorang pekerja untuk dapat naik jabatan
D. Sistem yang dapoat digunakan oleh perusahaan untuk menetapkan gaji seorang pekerja
E. Dasar nilai yang digunakan oleh perusahaan untuk menetapkan seseorang diterima bekerja atau tidak.
*.    Ciri utama pekerja yang memiliki etos kerja adalah :
A. Bekerja bertanggung jawab, jujur dan teratur.
B. Bekerja disiplin, mengutamakan keselamatan kerja.
C. Bekerja sistematis, tepat waktu dan disiplin.
D. Bekerja produktif, efektif dan efisien.
E. Bekerja dengan mengutamakan kepuasan konsumen.
*.    Ciri lain dari pekerja yang memiliki etos kerja adalah mampu bergerak ke arah baru, tidak membuang waktu, mampu mereaksi perubahan dengan cepat adalah pengertian dari :
A. gesit                                     B. Cekatan
C. responsive                                    C. Luwes                                   D. Trampil
E. Cepat`

*.    Ketaatan pada ketentuan yang ditetapkan sehubungan dengan syarat kerja maupun hubungan dengan pihak perusahaan dan pihak lain, adalah pengertian dari:
A. Tunduk pada peraturan              B. Mematuhi peraturan
C. Menjaga diri dan perusahaan      C. Etos kerja
E. Disiplin
*.    Hal-hal berikut ini akan mengantarkan seseorang pada keberhasilan kecuali :
A. Selalu melakukan pengkajian atas segala kemungkinan.
B. memiliki tujuan yang jelas.
C. mencoba dan memilih semua kemungkinan
D. menunggu sambil bekerja
E. Menggantungkan diri pada keberuntungan.
*.  Di bawah ini yang tidak termasuk kiat bekerja masa depan adalah:
A. Memahami                        B. Prospektif
C. Inovatif                            D. Edukatif
E. Adaptif
*.    Menyeimbangkan antara kemampuan yang dimiliki dengan hasil yang diperoleh adalah pengertian dari :
A. Prospektif                                B. Inovatif
C. Adaptif                                    D. Responsif
E. Menjadi pelopor
*.    Melihat jauh kedepan makna dari suatu pekerjaan, cepat menangkap peluang dan terus ditekuni adalah pengertian dari :
A. Prospektif                                B. Inovatif
C. Adaptif                                    D. Responsif
E. Menjadi pelopor
*.    Berikut yang tidak termasuk fungsi dari organisasi di lingkungan perusahaan adalah :
A. Alat untuk memberdayakan, mengontrol dan menjamin kerja sama.
B. Alat untuk mengontrol lingkungan kerja, pelayanan sosial dan lingkungan.
C. Alat untuk mengontrol keputusan, proyek, program dan kebijakan.
D. Alat untuk mempersatukan karyawan saat akan berdemo.
E. Alat   untuk memobilisasi proses untuk menyatukan berbagai keragaman personal untuk tujuan bersama.

*.    Keterampilan dasar yang harus dikuasai dalam berorganisasi adalah:
A. Perencanaan, pembiayaan, pelaksanaan dan evaluasi.
B. Penggunaan, pembiayaan, pelaksanaan dan evaluasi.
C. Perencanaan, pembiayaan, keanggotaan dan evaluasi.
D. Perencanaan, pembiayaan, Sumber dana dan evaluasi.
E. Persatuan, pembiayaan, pelaksanaan dan evaluasi.
*.    Dua hal yang harus dimiliki oleh seorang pekerja yang unggul adalah :
A. Berani dan bersemangat
B. bergairah dan disiplin
C. karakter dan kemandirian
D. berani dan disiplin
E. bekerja keras dan berkarakter
*.    Tenaga kerja yang menjalankan pekerjaannya sesuai dengan etika profesi dan keahlian adalah pengertian dari:
A. Tenaga kerja unggul
B. Tenaga kerja baik
C. tenaga kerja profesional
D. tenaga kerja teladan
E. tenaga kerja utama
*.    Yang tidak termasuk kemampuan bersaing yang harus dikembangkan adalah :
A. Keinginan untuk belajar                       B. Ambisius
C. Pekerja keras                                     D. Memiliki kebugaran
E. Memiliki kolega berpengaruh
*.    Seseorang yang ahli dan telah memiliki standar kompetensi tertentu disebut juga:
A. profesional akademis
B. Profesional teknis
C. Profesional muda
D. Profesional ahli
E. Profesional profesi

*.    Etika profesi bagi seorang profesinal berfungsi sebagai :
A. Dasar untuk menaikkan standar pendapatan
B. Inspirasi dan panduan.
C. Alat mempermudah kenaikan jabatan
D. Sumber penghidupan sampingan
E. Alat untuk menyalahkan orang lain

*.    Di bawah ini yang tidak merupakan hal yang akan dilakukan oleh seorang profesional adalah :
A. bekerja dengan penuh kesungguhan dan ketulusan.
B. bekerja dengan inisiatif.
C. Niat yang tulus.
D. Amanah dalam bekerja.
E. Menerima penghargaan yang tidak sepatutnya
*.bekerja dengan penuh kesungguhan dan mencurahkan lebih banyak waktu dibandingkan dengan pekerjaan lainnya adalah pengertian dari:
A. Humoris                                B. Komitmen
B. Bertanggung Jawab                D. Berinisiatif
E. Sungguh - sungguh
         
*.Sifat dari etika kerja bagi seorang tenaga kerja profesional adalah:
A. Mengikat                               B. Tergantung pada situasi
C. Berubah sewaktu-waktu           D. Situasional
E. Sesuai kebutuhan

*Negara Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah pulauanya sebanyak…
a. 17.000 pulau
b. 16.000 pulau
c. 15.000 pulau
d. 14.000 pulau
e. 13.000 pulau

*Luas wilayah Indonesia seluruhnya mencapai…
a. 5.193.252 km2
b. 4.193.252 km2
c. 3.193.252 km2
d. 2.193.252 km2
e. 1.193.252 km2

*Penduduk Indonesia berdasarkan hasil sensus tahun 2000 berjumlah:
a. 200,4 juta orang
b. 201,4 juta orang
c. 202,4 juta orang
d. 203,4 juta orang
e. 204,4 juta orang

*Jika di kelompokkan jumlah bahasa daerah yang digunakan oleh suku-suku bangsa di Indonesia diperkirakan berjumlah:
a. antara 50 – 100 bahasa daerah
b. antara 100 – 200 bahasa daerah
c. antara 200 – 250 bahasa daerah
d. antara 300 – 350 bahasa daerah
e. antara 400 – 450 bahasa daerah

*Konsep dasar yang tercakup dari istilah suku bangsa adalah:
a. adanya kesadaran identitas dan kesatuan budaya.
b. adanya kesatuan wilayah.
c. memiliki pimpinan adat.
d. telah turun-temurun minimal tiga generasi
e. berada di pedalaman

*Pengertian suku bangsa bisa menyempit dan meluas, misalnya:
a. Suku Serui apabila berada di luar Irian Jaya akan mengaku orang Irian Jaya
b. Hanya terbatas pada kelompok suku bangsanya saja
c. Dapat terbuka menerima suku bangsa yang lain
d. Menerima kawin campuran antara suku bangsa
e. Menolak kawin campuran antar suku bangsa

*Kelompok yang memiliki daerah asal dalam wilayah Indonesia adalah…
a. Golongan keturunan Cina
b. Golongan keturunan Arab
c. Golongan keturunan India
d. Golongan keturunan Eropa
e. Suku bangsa dan masyarakat terasing

*Dilihat dari asal katanya kebudayaan itu berasal dari bahasa Sanskerta,yaitu dari kata….
A. budhi
B. budhayah
C. budayan
D. colere
E. culture
*Dari sejumlah pernyataan berikut ini yang merupakan pengertian kebudayaan secara harfiah adalah….
A. hal-hal yang dihasilkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat
B. hal-hal yang bersangkut paut dengan akal
C. segala sesuatu yang berhubungan dengan rasio
D. semua hasil karya,rasa,dan cipta manusia
E. hasil karya manusia yang bernilai seni tinggi
*Dari contoh-contoh hasil kebudayaan berikut ini,yang berkaitan dengan upaya manusia melindungi badan dari teriknya matahari dan dinginnya udara malam….
A. pakaian,rumah,payung
B. Pakaian,pedati,senjata api
C. rumah,sepeda motor,topi
D. payung,topi,delman
E. lemari,kulkas,pakaian

*Hasil kebudayaan yang diperuntukkan guna mempercepat pengangkut orang dan barang di antaranya….
A. satelit
B. haid-phone
C. kapal laut
D. pesawat televisi
E. komputer

*Dalam Bahasa Inggris kebudayaan dikenal dengan istilah….
A. colore
B. culture
C. cultuur
D. culturkunde
E. culturabend
*Berikut ini merupakan contoh-contoh praktek kehidupan manusia yang didasari oleh konsep kebudayaan,kecuali....
A. menggalah sawah dengan bajak
B. berburu menggunakan anak panah
C. berkomunikasi menggunakan haid-phone
D. melamar kerja menggunakan koneksi
E. bepergian menggunakan pesawat terbang
*Keseluruhan pengetahuan manusia yang digunakan untuk menginterpretasi dan memahami lingkungan masyarakat….
A. tabiat
B. adat istiadat
C. kebudayaan
D. peradaban
E. kepribadian
*Kebudayaan menurut Selo Seomardjan dan Soelaeman Soemardi merupakan….
A.  segala kemampuan dan kegiatan untuk mengolah alam
B.  keseluruhan yang kompleks yang terdiri atas pengetahuan,kepercayaan,      kesenian, dan hukum
C.  semua hasil karyanya dan cipta masyarakat
D.  hal ihwal yang berhubungan dengan budi atau akal
E. aturan-aturan dan tingkah laku yang terpola dalam tingkah laku
masyarakat

*Teknologi dan kebudayaan kebendaan yang diperlukan oleh manusia untuk menguasai alam sekitarnya ,merupakan hasil….
A. karya masyarakat
B. rasa masyar akat
C. cipta masyarakat
D. karya dan rasa masyarakat
E .rasa dan cipta masyarakat

*Dari sejumlah contoh hasil kebudayaan berikut ini yang merupakan hasil kebudayaan rohaniah adalah…..
A. anak panah
B. ilmu pengetahuan
C. senjata api
D. gedung pencakar langit
E. jembatan layang
*Kebudayaan menurut E.B.Taylor merupakan keseluruhan yang kompleks,di dalamnya terdapat unsur-unsur berikut, kecuali….
A. ilmu pengetahuan
B. hukum
C. kesenian
D. adat istiadat
E. agama
*Peradaban sering dipakai untuk menyebut kebudayaan yang mempunyai…. 1.Sistem sosial 2.Ilmu pengetahuan 3.Sistem mata pencaharian 4.Seni bangunan
 A.1,2               B.1,3
 C.2,4                D.1,4
 E.2.3
*   Hubungan kebudayaan dan peradaban adalah…. 1.kebudayaan memiliki pengertian yang lebih luas dari peradaban 2.pradaban merupakan bagian dari kebudayaan 3.kebudayaan merupakan peradaban yang bernilai seni tinggi 4.pradaban merupakan bagian kebudayaan yang memiliki sistem kemasyarakatan yang bersahaja
A.1.2
B.1,3
C.2,3
D.2,4
E.1,4

*   Berikut ini dikemukakan sejumlah ciri-ciri kebudayaan, kecuali….
A. kebudayaan diturunkan secara genetis
B. kebudayaan diwariskan
C. kebudayaan hidup dalam masyarakat
D. kebudayaan dapat dikembangkan
E. kebudayaan itu terintegrasi
*Proses belajar kebudayaan dalam antropologi dikenal dengan istilah….
A. sosialisasi
B. akultrasi
C. enkultrasi
D. akomodasi
E. adaptasi
*Proses belajar kebudayaan da sosiologi dikenal dengan istilah….
A. adaptasi
B. sugesti
C. akumulasi
D. sosialisasi
E. identifikasi
*Proses belajar yang dialami setiap manusia dalam masyarakat berlangsung….
A. selama usia sekolah
B. sejak kanak-kanak
C. sejak kanak-kanak sampai remaja
D. sejak kanak-kanak hingga dewasa
E. sepanjang hayat
*Sarana dan cara untuk meneruskan kebudayaan adalah…. 1.identifikasi 2.sosialisasi 3.enkulturasi 4.asimilasi
A.1,2       B.1,3        C.2,3       D.2,4      E .3,4

Persyaratan yang sesuai dengan kaidah bahwa kebudayaan hidup dalam m,asyarakat adalah….
A. tidak ada masyarakat tanpa kebudayaan
B. tidak ada kebudayaan yang langgeng
C. kebudayaan selalu berubah
D. perubahan kebudayaan dari sederhana menjadi kompleks
E. kebudayaan dipelajari secara turun-temurun

Dari sejumlah pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan karakteristik kebudayaan adalah….
A. kebudayaan bersifat dinamis
B. kebudayaan selalu mengalami perkembangan
C. tidak ada kebudayaan yang statis
D .kebudayaan berubah secara lambat
E. peradaban berubah secara cepat



Wujud kebudayaan yang bersifat abstrak berupa hal-hal sebagai berikut, kecuali..
A. ide-ie
B. gagasan
C. nilai-nilai
D. norma-norma
E. aktivitas kelakuan berpola
Wujud kebudayaan yang bersifat abstrak disebut ….
A. Sistem budaya
B. Sistem sosial
C. Sistem kebendaan
D. Kebudayaan kebendaan
E. Kebudayaan universal
Berikut ini merupakan sifat-sifat dari sistem budaya, kecuali….
A. Abstrak
B. Tidak dapat dilihat
C. Dapat ditentukan
D. Berada di dalam benak manusia penulis kebudayaan.
E. Relatif mantap dan kontinu
Aktivitas dalam organisasi sosial yang berpola sebagai wujud kebudayaan disebut….
A. sistem sosial
B. Organisasi sosial
C. pengendalian sosial
D. kaidah sosial
E. penyimpangan sosial
Wujud kebudayaan berupa hasil dari tindakan manusia yang melahirkan berbagai bentuk karya disebut….
A. kebudayaan rohaniah
B. kebudayaan fisik
C. Kebudayaan daerah
D. kebudayaan nasional
E. kebudayaan universal

Sebuah lukisan yang indah yang menggambarkan panorama alam Indonesia merupakan salah satu contoh wujud kebudayaan yaitu ….
A. sistem budaya
B. sistem sosial
C. sistem kepribadian
D. sistem organisme
E. sistem kebendaan
Unsur-unsur kebudayaan yang sama dan berlaku di setiap kebudayaan di namakan..
A. item
B. traits
C. traits kompleks
D. unsur-unsur kebudayaan universal
E. kompleks kebudayaan


Dari sejumlah unsur kebudayaan universal        bersifat yang paling sulit berubah adalah….
A. mata pencaharian hidup
B. kesenian
C. teknologi
D. sistem relifi
E. pengetahuan
Dalam kerangka kebudayaan sistem budaya di gambarkan pada lingkaran…
A. terdalam
B. konsentrik yang kedua
C. konsentrik yang ketiga
D. konsentrik yang keempat
E. terluar
Jika digambarkan pada kerangka kebudayaan sistem sosial berada pada lingkaran…..
A. terluar
B. konsentrik kedua
C. konsentrik ketiga
D. konsentrik keempat
E. terdalam

Sistem kebendaan digambarkan pada kerangka kebudayaan menempati lingkaran…..
A. terluar
B. terdalam
C. konsentrik kedua
D. konsentrik ketiga
E. konsentrik keempat
komponen sistem budaya pada bahasa di antaranya adalah….
A. lembaga pembinaan bahasa
B. kongres bahasa
C. balai bahasa
D. tata bahasa
E. peralatan
Berikut adalah contoh-contoh sistem kebendaan dalam bahasa, kecuali…..
A. komunikasi antar kelompok
B. peralatan telekomunikasi
C. peralatan cetak
D. mikro film
E. compact disck
Dalam kesenian terdapat sifat budaya, yakni…..
A. gedung kesenian
B. pameran
C. sanggar seni
D. tangga nada
E. instrumen musik
Wujud kebudayaan yang berupa sistem sosial(aktivitas, organisasi) dalam kesenian di antaranya adalah sebagai berikut, kecuali….
A. pementasan kesenian
B. sekolah seni
C. tata tertib pagelaran seni
D. organisasi seni
E. sanggar seni

 Kebudayaan adalah hasil pengetahuan manusia sebagai….
A. pribadi
B. makhluk sosial
C. orang yang berpendidikan
D. makhluk ciptaan Tuhan
E. orang yang memiliki kepribadian

 Pernyataan yang tidak sesuai dengan makna kebudayaan adalah….
A. kebudayaan diperoleh melalui proses belajar
B. kebudayaan diwariskan dari generasi ke generasi
C. manusia dapat menambah dan mengurangi kebudayaan
D. kebudayaan dapat diperoleh melalui pewarisan secara genetic
 E .setiap masyarakat mengembangkan kebudayaan masing-masing
Kebudayaan yang merupakan hasil gagasan dan tindakan dari daerah yang bersangkutan,sehingga menjadi ciri dan kebanggaan masyarakatnya dinamakan dengan….
A. daerah
B. nasional
C. populer
D. umum lokal
E. nasional modern
Berikut ini merupakan ciri-ciri yang nampak umum pada kebudayaan daerah,kecuali….
A. pakaian
B. alat-alat
C. perumahan
D. ideologi
E. bahasa
Suku bangsa yang berambut ikal kecil-kecil terdapat di negri kita,yakni yang tinggal di Propinsi….
A. Bali
B. Lampung
C. Kalimantan Timur
D. Sulawesi Tenggara
E. Papua
Alat musik Kolintang merupakan contoh alat musik tradisional yang berasal dari daerah….
A. Sulawesi Utara
B. Riau
C. Jawa barat
D. DKI Jakarta
E. Jawa Timur
Lagu Bubuy Bulan merupakan lagu daerah yang sangat terkenal yang berasal adri daerah….
A. Jawa Barat
B. DKI Jakarta
C. Lampung
D. Bengkulu
E. Sulawesi selatan
Kebudayaan nasional merupakan identitas kita sebagai suatu bangsa sedangkan kebudayaan daerah merupakan identitas….
A. lokal
B. regional
C. mondial
D. suku
E. clan
Pemerintah memajukan kebudayaan nasional Indonesia sebagaiman ditegaskan dalam UUD 1945 pasal….
A. 30
B. 31
C. 32
D. 33
E. 34
Persyaratan yang benar tentang kebudayaan nasional Indonesia adalah sebagai berikut,kecuali….
A. timbul sebagai buah usaha budinya rakyat Indonesia
B. puncak-puncak kebudayaan daerah
C. pengaruh positif dari kebudayaan asing
D. tidak serba asli dan tidak serba asing
E..netral dari pengaruh budaya barat

Salah satu contoh kebudayaan nasional Indonesia adalah….
A. Bahasa Indonesia
B. Tari Jaipong
C. Lagu Angin Mamiri
D. Rumah Gadang
E. Keris
Sultan Takdir Alisjahbana berpendapat bahwa kebudayaan nasional Indonesia harus yang bercorak kebudayaan….
A. Barat
B. Timur
C. sekuler
D. agamis
E. percampuran Barat dan Timur
Berikut ini adalah unsur-unsur yang dikreasikan untuk memperkaya kebudayaan nasional Indonesia menurut Sultan takdir Alisjahbana,kecuali….
A. Teknologi maju
B. ekonomi maju
C. keterampilan berorganisasi
D. ilmu pengetahuan
E. adat istiadat
Sanusi Pane berpendapat bahwa kebudayaan nasional Indonesia hendaknya bercorak kebudayaan….
A. Timur
B. Barat
C. lokal
D. populer
E. modern
Berikut ini unsur-unsur penting menurut Sanusi Pane yang dapat memperkaya kebudayaan nasional Indonesia, kecuali….
A. kerohanian
B. rasio
C. perasaan
D. gotong-royong
E. alur sejarah
Tokoh yang mengatakan bahwa kebudayaan nasional Indonesia harus berdasarkan pada kebudayaan suku-suku bangsa yang ada di Nusantara adalah….
A. Ki Hajar Dewantara
B. Mr.Mohammad Yamin
C. Poerbatjaraka
D. Mohammad Hatta
E. Soekarno
Pandangan yang mendasari Pasal 32 UUD 1945 tentang kebudayaan nasional lndonesia adalah….
1. kultur lndonesia
2. kepribadian Timur
3. kepribadian Barat
4. jiwa nasionalis

A. 1,2
B. 1,3
C. 2,4
D. 3,4
E. 1,4
Kebudayaan nasional merupakan suatu sistem gagasan dan perlambang yang memberikan identitas kepada warga Negara, dikemukakan oleh
A. Koentjarningrat
B. Selo Soematdjan
C. Ki Hajar Dewantara
D. Sanusi Pane
E. Khairil A nwar
Berikut ini merupakan contoh-contoh kebudayaan pop,kecuali….
A. mode pakaian
B. mode rambut
C. liburan akhir pekan
D. memasak makanan bergizi
E. pesta ulang tahun
Kebudayaan pop biasanya berlaku pada….
1. usia tertentu
2. kelompok tertentu
3. jenis kelamin tertentu
4. hari-hari tertentu
A.1,2,3
B.1,3
C.2,3
D.2,4
E.1,2,3,4


Perhatikanlah pasangan istilah berikut!
1. mode pakaina”you can see”-- remaja putri
2. musik ”metal’--remaja putra
3. musik “kerocong”--ABG
4. celana panjang “bagy”--generasi 90an
Pasangan yang benar adalah….
A.1,2,3
B.2,3,4
C.1,2,4
D.1,3,4
E.1,4


Yang bukan merupakan sifat kebudayaan pop adalah…. A komersial
B. menghibur
C. populer
D. modern
E. mahal
Kebudayaan pop bermula muncul di daerah….
A. pedesaan
B. pinggiran kota
C. perkotaan
D. industri
E. pariwisata
Yang disebarkan oleh kebudayaan pop adalah…. 1.cita-cita kota 2.gaya hidup kota 3.harapan-harapan kota 4.problematik kehidupan kota A.1,2,3 B.1,2,4 C.2,3,4 D.1,3,4 E.1,4
Munculnya budaya pop di perkotaan berawal dari….
A. berdirinya kawasan industri
B. pertambahan penduduk kota
C. menjamurnya tempat-tempat hiburan
D. bertambah lancarnya transportasi
E. bertambah majunya pengetahuan masyarakat
Kehidupan perkotaan menuntut penduduknya untuk memilih gaya hidup yang beraneka macam dan….
A. sekuler
B. agamis
C. konsumtif
D. produktif
E. eksklusif

Saya hidup beberapa kelompok masyarakat kota yang eksklusif dianggap sebagai lambang ….
A. masyarakat beradab
B. masyarakat modern
C. orang maju
D. orang berpendidikan
E. masyarakat bersahaja
Perubahan mode pakaian yang sangat mencolok dan cepat sekali mengalami perubahan adalah mode pakaian
A. Wanita
B. Pria
C. Anak-anak
D. Remaja
E. Orang dewasa
Berikut ini adalah mode pakaian yang sangat cepat berubah, kecuali…..
A. Pakaian pesta
B. Pakaian untuk santai
C. Pakaian seragam
D. Pakaian malam
E. Pakaian pengantin
Dalang wayang golek yang berhasil membawa pagelaran wayang golek menjadi semacam kebudayaan pop adalah …..
A. Asep Truna
B. Asep Sunandar Sunarya
C. Parta Suwanda
D. Jamar Media
E. Cecep Supriadi
Perhatikanlah jenis-jenis perkakas berikut ini! 1.kapak genggam 2.gergaji mesin 3.kapak lonjong 4.gergaji tangan Berdasarkan tingkat kemajuannya,urutan perkakas tersebut yang paling sederhana ke yang paling modern….
 A.1,3,2,4          B.1,3,4,2     C.4,2,3,1      D.4,2,1,3     E.2,4,3,1

 Perkakas seperti cangkul,bajak dan traktor digunakan oleh masyarakat….
A. petani
B. peternak
C. industri
D. nelayan
E. pedagang

Dari sejumlah contoh teknologi angkutan berikut ini yang tidak menimbulkan polusi udara adalah….
A. mobil
B. sepeda
C. kereta api
D. pesawat terbang
E. kapal api
Jenis senjata yang digunakan untuk berburu oleh suku bangsa pedalaman Papua adalah….
A. golok
B. tombak
C. anak panah
D. keris
E. senjata api
Teknologi angkutan yang telah berhasil menjelajahi ruang angkasa dan dapat lagi ke bumi adalah….
A. pesawat udara
B. zepelin
C. apollo
D. pesawat ulang-alik
E. stasiun angkasa luar
Senjata tradisional yang berasal dari daerah Jawa Tengah adalah….
A. kujang
B. rencong
C. mandau
D. keris
E. belati
 Masyarakat yang telah menggunakan teknologi atau peralatan yang lebih maju dapat dikatakan bahwa kebudayaan masyarakat tersebut….
A. bersahaja
B. transisi
C. modern
D. potensial
E. terbelakang
Bentuk mata pencaharian hidup manusia yang paling sederhana adalah….
A. beternak
B. berdagang
C. bertani
D. pegawai
E. berburu
Masyarakat yang hingga kini masih hidup dari berburu dan meramu makanan terdapat di daerah pedalaman….
A. Jawa Barat
B. Pulau Madura
C. Papua
D. Banten Selatan
E. Lampung Utara
Masyarakat peternak umumnya hidup di daerah padang rumput seperti di daerah….
A. Jambi
B. Kalimantan timur
C. Maluku utara
D. Nusa Tenggara Timur
E. Bali
Praktek perladangan yang dapat mengganggu kelestarian hutan adalah….
A. perladangan pasang-surut
B. perladangan dengan sistem tumpang sari
C. perladangan berpindah
D. perladangan lahan kering
E. perladangan lahan basah
Daerah di Jawa Barat yang dikenal sebagai lumbung padi adalah….
A. Karawang
B. Purwakarta
C. Subang
D. Majalengka
E. Indramayu

Masyarakat yang tinggal di perkotaan pada umumnya hidup sebagai pegawai atau pekerja di sektor jasa sebab….
A. sektor pertanian kurang menjanjikan
B. tidak tersedia lagi areal pertanian
C. bekerja pada sektor jasa lebih menjanjikan
D. bekerja sebagai pegawai lebih tenang
E. masyarakat perkotaan berpendidikan lebih tinggi dibandingkan masyarakat pedesaan
Ahli Antropologi yang menjelaskan bahwa organisasi sosial mencakup pranata-pranata yang menentukan kedudukan laki-laki dan perempuan dalam masyarakat adalah….
A. Herskovits
B. Malinowski
C. E.B.Taylor
D. Emile Durkheim
E. Talcott Parson
Contoh organisasi sosial yang berupa pranata yang tumbuh dari hubungan kekerabatan adalah….
A. suku bangsa
B. perkumpulan olahraga
C. partai politik
D. kongsi dagang
E. kelompok pengajian
Contoh organisasi sosial yang berupa pranata hasil dari ikatan antara perseorangan berdasarkan keinginan sendiri adalah….
A. keluarga
B. klan
C. suku bangsa
D. partai politik
E. bangsa
Sistem kekerabatan yang menarik garis keturunan dari salah satu pihak,dari pihak ibu atau ayah dinamakan….
A. bilateral
B. unilateral
C. patrilineal
D. matrilineal
E. matrilokal
Sistem kekerabatan yang menarik garis keturunan dari dua belah pihak ayah maupun ibu dinamakan….
A. patrilokal
B. matrilokal
C. pirilokal
D. unilateral
E. bilateral
Masyarakat yang menganggap bahwa Ayah si bapak,bapaknya kakek,bapaknya lagi,dan seterusnya diperhitungkan dalam garis keturunan adalah masyarakat yang menganut sistem kekerabatan….
A. unilateral
B. bilateral
C. patrilineal
D. matrilineal
E. matrilokal
Suku bangsa di Indonesia yang menarik garis keturunan dari pihak ayah adalah….
A. Minangkabau
B. Batak
C. Sunda
D. Jawa
E. Betawi
Masyarakat yang menganggap bahwa ibu si ibu, ibu dari nenek,dan seterusnya yang dianggap sebagai nenek moyang merupakan masyarakat yang menganut sistem kekerabatan….
A. matrilineal
B. patrilineal
C. unilateral
D. bilateral
E. matrilokal
Contoh masyarakat di Negara kita yang menarik garis keturunan dari pihak ibu adalah….
A. Sunda
B. Jawa
C. Madura
D. Minangkabau
E. Bugis

Dari sejumlah ciri keluarga berikut ini merupakan ciri dari keluarga yang menganut sistem kekerabatan matrilineal yaitu….
A. peranan kepala keluarga dipegang oleh saudara laki-laki ibu
B. di luar rumah ayah berbicara atau nama keluarga
C. ayah adalah pemegang pengadilan setinggi dalam mendisiplinkan anak
C. ayah menguasai sumber-sumber ekonomi
D. peranan ayah sebagai kepala keluarga
Adat yang berlaku dalam masyarakat yang menarik garis keturunan dari pihak ibu adalah bahwa setelah kawin seorang suami bertempat tinggal di desa istrinya dinamakan….
A. patrilokal
B. matrilokal
C. pirilokal
D. neolokal
E. altenerend
Masyarakat menganggap bahwa moyang mereka tidak tunggal tetapi ganda,moyang dari pihak ayah dan ibu,adalah masyarakat yang menganut sistem kekerabatan…
A. unilateral
B. bilateral
C. matrilineal
D. patrilineal
E. altenernd

Contoh masyarakat yang menganut sistem kekerabatan dari dua belah pihak,pihak ayah maupun pihak ibu,adalah….
A. Jawa, Sunda, Batak
B. Sunda, Batak, Bali
C. Bali, Sunda, Jawa
D. Batak, Minangkabau, Betawi
E. Bugis, Makassar, Minangkabau
Pengetahuan yang bersumber pada tradisi yang diwariskan secara turun­menurun dari satu generasi ke generasi berikutnya dinamakan pengetahuan….
A. tradisi
B. modern
C. lokal
D. sederhana
E. bersahaja
Salah satu contoh pengetahuan tradisi yang banyak dimiliki suku-suku bangsa di nusantara adalah….
A. memantau tanda-tanda akan terjadi gempa
B. pengobatan tradisional
C. perhitungan jarak bintang-bintang di langit
D. ramuan pupuk kimia
E. pencegahan penyakit menular
Cara-cara yang dilakukan masyarakat suku bangsa yang sekarang banyak ditiru oleh masyarakat di perkotaan adalah….
A. mode pakaian
B. makanan tradisional
C. pengobatan tradisional
D. berwisata alam
E. menghindari makan nasi
Produk seni suku Asmat dari Papua yang sangat terkenal yaitu berupa….
A. lukisan
B. musik tradisional
C. tarian rakyat
D. lagu-lagu daerah
E. patung
Organisasi sosial timbul berkaitan dengan kodrat alamiah manusia sebagai mahkluk….
A. individu
B. sosial
C. ekonomi
D. politik
E. berpendidikan
Dalam arena pergaulan antar suku bangsa di wilayah Nusantara sejak zaman dulu menggunakan bahasa….
A. daerah masing-masing
B. bahasa Melayu
C. bahasa Indonesia
D. bahasa Inggris
E. bahasa Belanda
Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dikembangkan dari bahasa….
A. Jawa
B. Betawi
C. Melayu
D. Bugis
E. Makasar
Dalam pergaulan internasional dewasa ini kita menggunakan bahasa….
A. Prancis
B. Belanda
C. Jerman
D. China
E. Inggris
Hasil kebudayaan suatu masyarakat tentang sesuatu yang suci dan gaib dinamakan….
A. peradaban
B. adat istiadat
C. kebiasaan
D. religi
E. agama
Menurut Taylor bentuk paling primitif dari religi adalah….
A. animisme
B. dinamisme
C. semangatisme
D. politheisme
E. monotheisme
Kepercayaan dan praktek agama mempersatukan semua orang yang beriman ke dalam suatu komunitas moral yang dinamakan….
A. lembaga agama
B. norma agama
C. doktrin agama
D. umat agama
E. pemuka agama
Berikut ini merupakan unsur dasar yang dijumpai pada agama, kecuali….
A. kepercayaan agama
B. simbol keagamaan
C. jiwa keagamaan
D. praktek keagamaan
E. pengalaman keagamaan
Dari contoh-contoh unsur budaya berikut ini yang tergolong ke dalam “culture activities”adalah….
A. pertanian
B. irigasi
C. bajak yang ditarik kerbau
D. bajak
E. pisau bajak
Dari contoh-contoh unsur budaya berikut ini yang tergolong ke dalam items adalah….
A. nelayan
B. perahu
C. alat pancing
D. jaring
E. mata kail
1) Sumber daya manusia berasal dari kemampuan untuk mengembangkan dirinya, yang terdiri dari bebepa hal, kecuali …..
A. kemampuan berfikir
B. turut berpartisipasi
C. sebagai suku-bangsa
D. memiliki keterampilan
E. banyaknya penduduk
2) Sebagai mahluk yang berakal, manusia dapat mengembangkan pikiran, bertindak, dan menghasilkan karya, maka setiap yang dihasilkannya diharapkan bermanfaat bagi kehidupan. Karya tersebut hasil dari …..
A. Kebudayaan
B. Industri
C. Warisan
D. Berpendapat
E. Berniaga
3) Sebagai mahluk hidup, manusia memerlukan sinar matahari setiap saat dalam bentuk …..
A. Sinar
B. Energi
C. Cahaya
D. Warna
E. Siang
4) Energi terbesar yang dibutuhkan manusia dalam rangka mendukung kehidupannya, berupa bahan bakar yang berasal dari …..
A. panas bumi
B. minyak bumi
C. batubara
D. kayu
E. uranium

5) Walaupun hasil hutan berasal dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui, tetapi pengambilannya harus sesuai dengan …..
A. persedian bahan makanan
B. banyaknya permintaan
C. adanya alat penggergajian
D. peremajaan kembali
E. adanya pengangkutan
6) Usaha peternakan sapi menghasilkan berbagai kebutuhan, seperti berikut ini, kecuali ….
A. kulit untuk sepatu dan jaket
B. kotorannya untuk pupuk
C. daging sebagai protein hewani
D. susunya sebagai minuman
E. darahnya untuk obat kulit
7) Manfaat udara bagi kehidupan manusia adalah sebagai …
A. pembantu sarana perhubungan di lautan.
B. pelindung terhadap radiasi matahari
C. pembangkit tenaga listrik pada kincir angin
D. pedoman dalam penghitungan konstruksi bangunan
E. sebagai alat komunikasi
8) Usaha yang dilakukan untuk mengatasi lahan kritis ialah dengan jalan....
A. pembuatan sengkedan
B. penghijauan kembali
C. pengendalian DAS
D. pengolahan air limbah
E. membuat sumur resapan
9) Berdasarkan fungsinya, hutan di bagi menjadi beberapa bagian, kecuali…..
A. Hutan Produksi
B. Hutan Suaka Alam
C. Hutan Lindung
D. Hutan Rimba
E. Hutan Wisata

10) Mempercepat menurun sampai habisnya sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui sebagai akibat …..
A.    semakin meningkatnya permintaan untuk memenuhi kebutuhan sedangkan persediaan di alam keadaannya tetap.
B.    tidak adanya kordinasi antara industri dengan pemerintah setempat mengenai lokasi penambangan.
C.    bertambahnya jumlah lahan kritis akibat banyaknya penebangan liar yang mencuri kayu dari hutan.
D.   adanya perbedaan pendapat di antara petugas penambangan dengan pengolahan untuk menjadi barang baru.
E.    manusia memiliki banyak kebutuhan terutama bahan bangunan yang terbuat dari kayu hasil hutan industri.
Undang-undang Tenaga Kerja yang berlaku saat ini ialah Undang-undang nomor ….
A. 22 tahun 1999;
B. 25 tahun 1999;
C. 12 tahun 2003;
D. 13 tahun 2003;
E. 20 tahun 2003.

Menurut Undang-undang Ketenagakerjaan, pengupahan dimaksudkan untuk mewujudkan ….
A. keseimbangan hak dan kewajiban pekerja/buruh;
B. kehidupan yang layak bagi pekerja/buruh;       
C. semangat kerja pekerja/buruh;
D. semangat berusaha bagi pengusaha;
E. keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Seorang pekerja/buruh berhak mendapatkan upah dari perusahaan apabila ia tidak bekerja karena alasan berikut, kecuali ….
A. melaksanakan ibadah yang diperintahkan agamanya;
B. melangsungkan pernihakan;
C. orang tuanya meninggal dunia;
D. mengikuti kegiatan serikat pekerja dengan ijin perusahaan;
E. menengok saudaranya yang sakit di rumah sakit.

Yang membedakan upah seorang pekerja dengan pekerja lainnya meliputi hal-hal berikut, kecuali ….
A. golongan;
B. jabatan;
C. masa kerja;
D. agama;
E. kompetensi.

Pekerja/buruh yang sakit tidak lebih dari 12 bulan dalam setahun dan ia bukan pekerja dalam masa percobaan, berhak mendapatkan pembayaran upah pada bulan kelima sebesar ….
A. 20 persen dari upah;
B. 25 persen dari upah;
C. 50 persen dari upah;
D. 75 persen dari upah;
E. 100 persen dari upah.

Pekerja/buruh yang melangsungkan pernikahan berhak mendapat upah dari pengusaha meskipun ia tidak bekerja. Waktu yang dibayar ialah selama ….
A. 1 hari;
B. 2 hari;
C. 3 hari;
D. 4 hari;
E. 5 hari.

Apabila upah yang diberikan kepada pekerja/buruh terdiri dari upah pokok dan tunjangan tetap, maka upah pokok minimum berjumlah ….
A. 25 persen;
B. 30 persen;
C. 50 persen;
D. 75 persen;
E. 90 persen.
08.Untuk menyalurkan aspirasi secara demokratis setiap pekerja berhak membentuk ….
A. Serikat Pekerja/Serikat Buruh;
B. Lembaga kerjasama bipartit;
C. Lembaga kerjasama tripartit;
D. Perjanjian Kerjasama;
E. Lembaga penyelesaian hubungan industrial.

Salah satu hak buruh dalam menyalurkan aspirasinya apabila tidak bisa dilakukan dengan musyawarah ialah dengan mogok kerja. Mogok kerja dilakukan dengan kriteria berikut, kecuali ….
A. tertib, damai, dan sah;
B. memberitahukan kepada perusahaan;
C. serempak tanpa pemberitahuan;
D. perundingan ditempuh tapi gagal;
E. tidak mengganggu kepentingan umum.

Apabila pekerja/buruh melakukan mogok kerja yang sah, tertib, dan damai dengan alasan yang dapat dipertanggungjawabkan secara hukum, maka perusahaan dilarang melakukan hal-hal berikut, kecuali ….
A. mengganti          pekerja/buruh yang mogok dengan pekerja lain dari perusahaan lain;
B. menghalang-halangi aksi mogok kerja yang dilakukan pekerja/buruh;
C. membalas dendam kepada pekerja/buruh yang melakukan mogok kerja;
D. menangkap pekerja/buruh yang melakukan mogok kerja;
E. menjalankan perusahaannya sesuai dengan keadaan.

Anak yang boleh dipekerjakan dalam pekerjaan ringan dan normatif ialah anak berusia ….
A. 6 – 7 tahun;
B. 8 – 9 tahun;
C. 10 – 11 tahun;
D. 11 – 13 tahun;
E. 13 – 15 tahun.

Berikut tata cara mempekerjakan anak yang disahkan oleh Undang-undang, kecuali ….
A. mendapat izin tertulis dari orang tua/walinya;
B. waktu kerja sedikit-dikitnya 3 jam dan sebanyak-banyaknya 8 jam;
C. dilakukan pada siang hari dan tidak mengganggu waktu sekolah;
D. adanya hubungan kerja yang jelas;
E. ada perjanjian antara pengusaha dengan orang tua/walinya.

Pekerjaan yang tidak boleh dilakukan pekerja anak ialah ….
A. pekerjaan ringan dan menggembirakan;
B. perdagangan minuman keras dan obat terlarang;
C. mengepak makanan dus dan kaleng;
D. memperdagangkan kebutuhan bahan pokok;
E. memproduksi makanan ringan dan minuman.

Pekerja perempuan tidak boleh dipekerjakan antara pukul 23.00 – 07 pagi apabila ia ….
A. sedang mengalami menstruasi;
B. perempuan di bawah usia 18 tahun;
C. baru sebulan sembuh dari sakit;
D. ia tidak sanggup melakukannya;
E. ia pernah sakit mata dan kepala.

Waktu cuti melahirkan bagi pekerja wanita selama-lamanya …..
A. 1 bulan;
B. 2 bulan;
C. 3 bulan;
D. 4 bulan;
E. 5 bulan.

Apabila dalam seminggu diberlakukan lima hari kerja, maka dalam sehari pekerja/buruh wajib melaksanakan jam kerja selama ….
A. 5 jam;
B. 6 jam;
C. 7 jam;
D. 8 jam;
E. 9 jam.

Apabila pekerja/buruh melakukan kerja di luar jam wajib, ia berhak mendapatkan uang lembur. Jam lembur dilakukan sebanyak-banyaknya ….
A. 3 jam sehari dan 14 jam seminggu;
B. 3 jam sehari dan 15 jam seminggu;
C. 3 jam sehari dan 18 jam seminggu;
D. 5 jam sehari dan 14 jam seminggu;
E. 5 jam sehari dan 30 jam seminggu.

Berikut hak istirahat pekerja/buruh, kecuali ….
A. istriahat antara jam kerja;
B. istirahat untuk wisata keluarga;
C. istirahat mingguan;
D. istirahat tahunan;
E. istirahat panjang.

Perempuan yang sakit pada masa haidnya, ia berhak mengambil cuti kerja selama ….
A. 1 hari;
B. 2 hari;
C. 3 hari;
D. 4 hari;
E. 5 hari.

Setiap pekerja/buruh berhak mendapatkan perlindungan dari hal-hal berikut, kecuali ….
A. keselamatan kerja;
B. kesehatan kerja;
C. kesehatan orang tuanya;
D. moral dan kesusilaan;
E. perlakuan yang sopan dan etis.

Upah minimum regional ditetapkan oleh ….
A. Camat;
B. Walikota/Bupati;
C. Gubernur;
D. Menteri Tenaga Kerja;
E. Ketua Serikat Pekerja.

Pekerja/buruh melakukan pekerjaan berdasarkan pada ….
A. perjanjian kerja;
B. perintah atasannya;
C. perintah pemilik perusahaan;
D. kebutuhan perusahaan;
E. kemauan dirinya.

Berikut yang bukan termasuk unsur perjanjian kerja ialah ….
A. memuat nama, alamat perusahaan, dan jenis usaha;
B. memuat jabatan atau jenis pekerjaan;
C. memuat besarnya upah dan cara pembayarannya;
D. memuat hobi dan kesukaan pekerja/buruh;
E. memuat hak dan kewajiban pekerja/buruh.

Perjanjian kerja berakhir apabila memenuhi syarat berikut, kecuali ….
A. pekerja/buruh meninggal dunia;
B. pemilik perusahaan meninggal dunia;
C. berakhirnya masa perjanjian;
D. adanya putusan pengadilan yang menyatakan berakhir;
E. terpenuhinya syarat mengkhiri perjanjian dalam isi perjanjian.

Salah satu hak pekerja/buruh ialah mendapatkan perlindungan dan keselamatan kerja. Perlindungan dan keselamatan kerja dapat berupa hal-hal berikut, kecuali ….
A. asuransi keselamatan kerja;
B. perlidungan dari kecelakaan;
C. perlindungan dari kematian;
D. kekebalan dari hukum publik;
E. perlindungan dari ancaman dan teror.


17.Perumusan hak asasi manusia pada dasarnya dilandasi oleh pemahaman suatu bangsa terhadap hal-hal berikut, kecuali....
(1) citra manusia
(2) martabat manusia
(3) harkat manusia
(4) sesama manusia
A. (1), (2), (3)
B. (1), (2), (4)
C. (2), (3), (4)
D. (1), (3), (4)
E. (3), (4)

18.Bangsa Indonesia memandang bahwa manusia hidup tidak terlepas dari....
(1) Tuhan
(2) sesama manusia
(3) lingkungan alam
A. (1)
B. (1), (2)
C. (1), (3)
D. (1), (2), (3)
E. (3)

19.Bangsa Indonesia memiliki pendirian bahwa hak asasi manusia dan kewajiban asasi manusia terpadu dan melekat pada diri manusia sebagai....
A.    pribadi, anggota keluarga, dan anggota masyarakat
B.    pribadi, anggota masyarakat, dan warga negara
C.    pribadi, anggota keluarga, anggota masyarakat, dan warga negara
D.    pribadi, anggota keluarga, masyarakat, warga negara, dan warga dunia
E.    makhluk individu dan sosial
20.Hak asasi yang diatur dalam UU Nomor 39 tahun 1999 tentang HAM yang berhubungan dengan semangat pasal 34 UUD 1945 adalah berkenaan dengan hak....
A.    wanita
B.    anak
C.    keamanan
D.    keadilan
E.    kebebasan pribadi
21.Dari beberapa contoh lembaga berikut yang bukan merupakan
lembaga perlindungan HAM adalah....

A. KOMNAS HAM
B. LBH
C. Biro Konsultasi dan Perlindungan Hukum
D. Komisi Pemilihan Umum
E. Komisi Pemberantasan Korupsi
22.Keberadaan KOMNAS HAM diatur dalam undang-undang tentang Hak Asasi Manusia yaitu....
A. UU Nomor 2 tahun 1989
B. UU Nomor 11 Tahun 1998
C. UU Nomor 39 Tahun 1999
D. UU Nomor 20 Tahun 2003
E. UU Nomor 32 Tahun 2004
23.Memberikan perlindungan dan menegakkan HAM di Indonesia adalah tujuan dari....
A. KOMNAS HAM
B. Lembaga bantuan Hukum
C. Biro Konsultasi dan bantuan Hukum
D. Komisi Pemberantasan Korupsi
E. Mahkamah Konstitusi
24.Nama-nama tokoh berikut adalah anggota KOMNAS HAM, kecuali....
A. Hasbalah M. Saad
B. Mansour Fakih
C. M.M. Billah
D. Mulyana W. Kusumah
E. Salahudin Wahid
25.Menyampaikan rekomendasi atas suatu kasus pelanggaran hak asasi manusia kepada Pemerintah dan DPR untuk ditindaklanjuti merupakan ... KOMNAS HAM
A. peran
B. kekuasaan
C. wewenang
D. kewajiban
E. tugas
26.KOMNAS HAM memiliki sejumlah peran yaitu sebagai berikut,
kecuali....

A. melakukan pengkajian dan penelitian HAM
B. melaksanakan penyuluhan  HAM
C. melaksanakan pemantauan pelaksanaan HAM
D. melaksanakan mediasi untuk menyelesaikan perkara
E. menyelesaikan masalah secara konsultasi maupun negosiasi
27.Warga negara yang tidak mampu mempunyai hak untuk memperoleh bantuan hukum yang diberikan oleh....
A. KOMNAS HAM
B. LBH
C. KPU
D. KPK
E. Mahkamah Konstitusi
28.Bantuan hukum itu bersifat membela kepentingan masyarakat tanpa memandang latar belakang....
.(1) suku
.(2) keturunan
.(3) warna kulit
.(4) ideologi

A. (1)
B. (1), (2)
C. (1), (2), (3)
D. (2), (3), (4)
E. (1), (2), (3), (4)
29.Biro Konsultasi dan bantuan Hukum perguruan Tinggi biasanya membantu menangani masalah-masalah ringan seperti....
A. kasus tabrak lari
B. kejahatan terhadap kemanusiaan
C. genosida
D. money laundring
E. money politic
30.Dari sejumlah kasus berikut yang tidak termasuk kasus pelanggaran HAM berat adalah....
A. Kasus Tanjung Priok (1994)
B. Kasus Marsinah (1994)
C. DOM di Aceh
D. Kasus pembantaian etnis di Jugoslavia
E. Kasus penipuan TKW